Tuesday 9 February 2016

Mendoan Dan Cara Membuat Tempe Mendoan Purwokerto Enak dan Renyah

Mendoan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tempe mendoan sedang digoreng
Kata mendoan dianggap berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Bahan makanan yang paling sering dibuat mendoan adalah tempe dan tahu.

Penyajian

Mendoan tempe disajikan dalam keadaan panas disertai dengan cabe rawit atau sambal kecap. Mendoan tempe dapat dijadikan sebagai lauk makan ataupun makanan ringan untuk menemani minum teh atau kopi saat santai.
Mendoan tempe mudah ditemui di warung-warung tradisional di wilayah eks karesidenan Banyumas dan Tegal. Untuk wilayah Banyumas, para pelancong membeli oleh-oleh mendoan tempe di daerah Sawangan, Purwokerto, yang merupakan pusat jajanan khas Purwokerto.
Rasa yang "unik" membuat makanan ini menyebar hingga ke luar daerah Banyumas. Tempe Mendoan dapat ditemui di kota-kota besar Jawa Tengah, bahkan hingga ke Jakarta.
Di kota-kota lain di Jawa Tengah seperti Semarang, Mendoan lebih merujuk ke tempe goreng tepung, atau di daerah lain disebut tempe kemul, di mana tempe yang berbentuk tipis itu hanya irisan. Hal ini sedikit menimbulkan kerancuan, terutama bagi pendatang dari Jawa Tengah bagian barat. Mendoan purwokerto berbeda dengan mendoan dari beberapa kota di wilayah jawa tengah, lebih terasa basah minyaknya. Mendoan khas purwokerto lebih nikmat apabila di sajikan dalam keadaan hangat.

Makanan ini dapat dibuat tanpa memperhatikan besarnya tempe atau banyaknya tepung. Mendoan tanpa tempe atau mendoan dari bekas sisia tepung juga nikmat disantap.
Cara Membuat Tempe Mendoan Purwokerto Enak dan Renyah  Tempe mendoan adalah salah satu makanan yang dibuat dengan cara dicelupkan kedalam adonan tepung kemudian digoreng dalam minyak panas. Tempe ini biasanya banyak tersedia diwarung-warung makan yang dapat dijadikan sebagai lauk. Tempe mendoan biasa disajikan dengan sambal sehingga membuat makanan ini menjadi lebih nikmat lagi. Tempe mendoan merupakan salah satu makanan yang khas dari Purwokerto. makanan ini terbuat dari bahan dasar tempe yang diiris tipis atau tempe yang khus untuk dibuat menjadi tempe mendoan yang nantinya akan dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas juga dapat menggoda selera makan. Rasa gurih yang terdapat pada makanan ini membuat semua orang menjadi tertari dengan makanan yang satu ini. Diantara anda semua mungkin masih ada yang belum mengetahui tentang proses pembuatan tempe mendoan. untuk itu, disini kani akan sajikan resepnya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.










Bahan :
  • 250 gr tempe
  • 100 gr tepung terigu yang berkualitas baik
  • 50 gr tepung beras
  • 2 batang bawang daun polong ( iris halus )
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
Bumbu yang dihaluskan :
  • 2 cm kunyit
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran ( disangarai )
Cara Membuat Tempe Mendoan :
  1. Tempe diris tipis terlebih dahulu, sisihkan sejenak
  2. Campurkan tepung terigu, tepung beras, bumbu yang dihaluskan,irisan bawang daun polong,garam, gula pasir dan penyedap rasa dalam satu wadah
  3. Tuang air sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung sambil diaduk-aduk sampai adonan pas
  4. Celupkan tempe yang sudah diiris tipis kedalam adonan tepung sampai seluruh permukaan tempe tertutup rapat
  5. Panaskan minyak lalu goreng tempe yang sudah dicelupkan dengan tepung
  6. Tunggu sampai berwarna kuning kecoklatan sambil dibolak balik, angkat tiriskan
  7. Tempe mendoan siap untuk disajikan
Demikianlah Resep Membuat Tempe Mendoan Goreng Renyah, silahkan anda praktekkan dirumah dengan melihat panduan resep dan langka-langkah diatas. Selamat mencoba tempe mendoan renyah dari kami.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment